1 Mei 2014

Tafsir Surah An-Naml Ayat 1-7

Assalammualaikum Ikhwah fillah… :)

Surah An-Naml adalah surah ke-27 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 93 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah dan diturunkan sesudah Surah Asy-Syu’ara.
Dinamai dengan An-Naml yang berarti semut, karena pada ayat 18 dan 19 terdapat perkataan An-Naml (semut), di mana raja semut mengatakan kepada anak buahnya agar masuk sarangnya masing-masing, supaya tidak terpijak oleh Nabi Sulaiman dan tentaranya yang akan melewati tempat itu.
Mendengar perintah raja semut kepada anak buahnya itu, Nabi Sulaiman tersenyum dan takjub atas keteraturan kerajaan semut itu dan beliau mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan nikmat kepadanya, berupa kerajaan, kekayaan, memahami ucapan-ucapan binatang, mempunyai tentara yang terdiri atas jin, manusia, burung dan sebagainya.
Nabi Sulaiman yang telah diberi Allah nikmat yang besar itu tidak merasa takabur dan sombong dan sebagai seorang hamba Allah mohon agar Allah memasukkannya ke dalam golongan orang-orang yang sholeh... :)


Berikut Tafsir Surah An-Naml Ayat 1-7
Streaming dari salingsapa.com…


Tafsir Al-Qur'an Surah An-Naml Ayat 1-5..
Oleh Bapak Istikhori
Di Masjid Al-Hijri Bogor , Jawa Barat – Indonesia
watching on :) (copy-paste)
http://www.salingsapa.com/tv/video/detail/534/tafsir-al-quran-surat-an-naml-ayat-1-5.html

Tafsir Al-Qur'an Surah An-Naml Ayat 6-7..
Oleh Prof., Dr. Didin Hafiduddin
Di Masjid Al-Hijri Bogor , Jawa Barat – Indonesia
watching on :) (copy-paste)
http://www.salingsapa.com/tv/video/detail/537/tafsir-quran-surat-an-naml-ayat-6-7-.html

Hikmah : kesuksesan hidup itu bukan diukur dari banyaknya materi (uang, harta, dan sebagainya), tapi yang dimaksud dengan sukses hidup adalah ketika hidup kita mendapat ridho dari Allah SWT..
Ketika orang yang hidupnya mendapat ridho dari Allah SWT., dia akan menjalankan semua yg diperintah Allah SWT dan menjauhi semua yang dilarang oleh Allah SWT., dan mendapatkan keberkahan hidupnya disisi Allah SWT.. aamiin... ^_^


Semoga bermanfaat…
Wassalammualaikum… :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar