27 Apr 2014

5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Assalammualaikum ikhwah fillah… :)

"5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan"

1. Merilekskan saraf dan otak
Tawa bisa memberikan efek anti-stress selama 30 - 45 menit pada tubuh, otak, dan sistem saraf manusia. Tawa akan memicu hormon anti stres dan anti-depresi seperti cortisol dan endorphin sehingga membantu sistem saraf menjadi rileks dan tenang.. :)

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Tertawa ditengarai mampu melepaskan T-cell dan sel pembunuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menguatkan sistem imun dan bahkan bisa digunakan dalam memerangi kanker.. #wow :)

3. Meredakan stres kerja
Tertawa juga bisa meredakan depresi dan stres yang disebabkan oleh gaya hidup. Misalkan ketika Sahabat mengalami stres saat bekerja atau mengalami depresi akibat masalah yang menumpuk. Dengan tawa, sahabat bisa mengurangi stres dan depresi tersebut.. Insya Allah :)

4. Membantu penyembuhan diabetes
Tertawa juga memiliki manfaat yang hebat bagi sahabat yang memiliki penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Penelitian mengungkap bahwa tawa bisa membantu pasien diabetes dan hipertensi menjadi lebih sehat. Obat-obatan yang dipadukan dengan terapi tertawa bisa memberikan hasil yang lebih maksimal terhadap pasien diabetes dan hipertensi.. :)

5. Untuk calon ibu dan janin
Dr Shilpa Apte dari Appolo Cradle juga mengungkap efek tawa pada calon ibu dan janin dalam kandungannya. Tawa yang dialami ibu bisa memberikan efek yang positif pada bayi yang dikandungnya. Ketika ibu bahagia dan sering tertawa, maka tingkat stres yang dirasakan calon ibu juga menurun. Dengan begitu, hal ini akan membantu pertumbuhan bayi dalam kandungannya. Kebanyakan pertumbuhan bayi terhambat jika ibu mengalami stres saat hamil.

Itulah beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan. Jangan terlalu serius menghadapi hidup. Sahabat juga harus mencari hiburan dan membiarkan diri tertawa lepas. Karena tertawa tak hanya menyehatkan otak dan jiwa, melainkan juga tubuh kita.. Insya Allah :)
-Merdeka.com

Tapi,,, jangan jangan terlalu banyak tertawa yaa sahabat, karna itu bisa mematikan our heart… :)
Seperti yang telah diterangkan pada hadist berikut ini :)
Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.”
(HR. At-Tirmizi dan Ibnu Majah)

Hadist lainnya yaitu :)
Dari Aisyah isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa dia berkata: “Saya tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tertawa terbahak-bahak hingga kelihatan tenggorokan beliau, beliau biasanya hanya tersenyum.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Jadi, just keep smile.. perbanyak senyum dan tebarkan salam… :)

Quote : Dan Tersenyumlah…. Banyak orang yang menunggu senyummu… ^_^

Keep istiqomah…

Semoga bermanfaat, wassalmmualaikum.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar