17 Apr 2014

Bersedekah, Berpuasa, dan Berhaji untuk Orangtua yang Telah Wafat

Assalammualaikum ikhwah fillah… :)

Kali ini I want to share tentang apakah boleh kita bersedekah, berpuasa dan berhaji untuk orangtua yang telah wafat?
Berikut ringkasannya… semoga bermanfaat.. ^_^


Dari Buraidah ra., ketika aku sedang bersama Rasulullah saw., datanglah seorang perempuan yang berkata, “Aku bersedekah kepada seorang budak perempuan atas nama ibuku yang telah wafat”. Rasulullah saw. bersabda, “kamu pasti mendapatkan pahala dan warisannya diberikan kepadamu”. Perempuan itu bertanya, “Ya Rasulullah, ibuku memiliki kewajiban untuk mengqadha puaasa selama sebulan, bolehkah aku berpuasa atas namanya?”. Rasulullah saw. menjawab, "berpuasalah atas namanya!”. Perempuan itu bertanya lagi, “Ibuku belum berhaji, bolehkah aku berhaji atas namanya?”. Rasulullah saw. menjawab, “Berhajilah atas namanya!”. (H.R Bukhari dan Muslim)

Hadist diatas menunjukkan bahwa,
*Pertama, perempuan (anak) boleh berpuasa atas nama orang tua yang telah meninggal.
*Kedua, barang yang sudah dsedekahkan oleh anak kepada orangtua boleh diwarisi sang anak ketika orang tuanya meninggal. Barang tersebut juga boleh dimanfaatkan, tetapi makruh untuk dijual.
*Ketiga, boleh menghajikan orang yang telah meninggal atau orang yang tidak mampu untuk melakukannya disebabkan faktor fisik. Hal ini telah disepakati oleh sebagian besar ulama.


Wassalammualaikum… :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar